Apa Itu FOB (Free On Board)? Detail Tentang FOB

Apa Itu FOB (Free On Board)? Detail Tentang FOB - FOB (pengiriman), FOB adalah initialism yang berkaitan dengan pengiriman barang. Tergantung pada penggunaan tertentu, mungkin berdiri untuk Free On Board atau Pengangkutan On Board. FOB menentukan partai mana yang (pembeli atau penjual) yang membayar pengiriman dan loading biaya, dan / atau di mana tanggung jawab untuk barang yang ditransfer. Perbedaan terakhir adalah penting untuk menentukan kewajiban untuk barang hilang atau rusak dalam perjalanan dari penjual kepada pembeli.

Apa Itu FOB (Free On Board)


Makna yang tepat dan penggunaan "FOB" dapat bervariasi secara signifikan. Pengiriman internasional biasanya menggunakan "FOB" seperti yang didefinisikan oleh standar Incoterms, di mana ia selalu singkatan dari "Free On Board". Pengiriman domestik di AS atau Kanada sering menggunakan arti yang berbeda, khusus untuk Amerika Utara, yang tidak konsisten dengan standar Incoterms.

Incoterms
Berdasarkan standar Incoterms yang diterbitkan oleh International Chamber of Commerce, FOB singkatan dari "Free On Board", dan selalu digunakan bersama dengan port loading. Menunjukkan "FOB port" berarti bahwa penjual membayar untuk transportasi dari barang ke pelabuhan pengiriman, ditambah biaya loading. Pembeli membayar biaya transportasi angkutan laut, asuransi, bongkar, dan transportasi dari pelabuhan kedatangan ke tujuan akhir. Pengesahan risiko terjadi pada saat barang melewati pagar kapal di pelabuhan pengiriman.

Misalnya, "FOB Vancouver" menunjukkan bahwa penjual akan membayar transportasi barang ke pelabuhan Vancouver, dan biaya memuat barang ke kapal kargo (termasuk pengangkutan darat, Bea Cukai clearance, asal biaya dokumentasi, biaya kelebihan waktu berlabuh jika ada, Biaya sandar asal penanganan, dalam hal ini Vancouver). Pembeli membayar semua biaya di luar itu titik (termasuk bongkar). Tanggung Jawab atas barang dengan penjual sampai barang melewati pagar kapal. Setelah kargo dimatikan kapal, pembeli mengasumsikan risiko.

Karena kebingungan potensial dengan penggunaan domestik Amerika Utara "FOB", disarankan bahwa penggunaan Incoterms secara eksplisit ditentukan, bersama dengan edisi standar. Misalnya, "FOB New York (Incoterms 2000 ) ". Incoterms berlaku terutama untuk perdagangan internasional, bukan perdagangan dalam negeri dalam suatu negara.

Ini penggunaan "FOB" berasal pada zaman kapal layar. Ketika pertama ICC wrote pedoman mereka untuk penggunaan istilah pada tahun 1936, rel kapal sering masih relevan, sebagai barang sering melewati rel dengan tangan. Dalam era modern pengepakan, "rel kapal" istilah agak kuno untuk tujuan perdagangan. Standar telah mencatat ini. Incoterms 1990 menyatakan, "Ketika rel kapal tidak melayani tujuan praktis, seperti dalam kasus lalu lintas roll-on/roll-off atau wadah, istilah FCA lebih tepat untuk digunakan." Incoterms 2000 mengadopsi kata-kata, "Jika para pihak tidak berniat untuk mengirimkan barang-barang melintasi rel kapal, istilah FCA harus digunakan."

Amerika Utara
Di Amerika Serikat, FOB istilah yang umum digunakan saat pengiriman barang untuk menunjukkan siapa yang membayar biaya bongkar muat dan transportasi, dan / atau titik di mana tanggung jawab transfer barang dari pengirim ke pembeli.

"FOB shipping point" atau "asal FOB" menunjukkan pembeli membayar biaya pengiriman dan bertanggung jawab atas barang saat barang meninggalkan tempat penjual. "Tujuan FOB" menunjuk penjual akan membayar biaya pengiriman dan tetap bertanggung jawab atas barang sampai pembeli mengambil kepemilikan.

Sebelumnya, di bawah Uniform Commercial Code, baik "asal FOB" dan "tujuan FOB" meninggalkan penjual bertanggung jawab untuk membayar biaya pemuatan barang di atas kapal carrier, dengan itu "Free On Board". Ketika pembeli bertanggung jawab untuk memuat biaya juga, istilah UCC adalah "FAS", "Gratis Di samping". Saat ini, UCC telah dihapus FAS FOB dan meninggalkan definisi istilah-istilah ini sampai dengan penafsiran para pihak atau hukum negara yang berlaku itu. Banyak negara memiliki seluruhnya atau sebagian mengadopsi istilah UCC tanpa menyadari bahwa UCC telah meninggalkan definisi.

Sebuah istilah terkait tetapi terpisah "CAP" ("pelanggan diatur bak terbuka") digunakan untuk menunjukkan bahwa pembeli akan mengatur pembawa pilihan mereka untuk memilih barang sampai di tempat penjual, dan tanggung jawab untuk setiap kerusakan atau kehilangan milik pembeli.

Dalam penggunaan di Amerika Utara, perluasan "Pengangkutan On Board" juga terlihat.

Akuntansi dan audit

Di masa lalu, Anda akan bisa menentukan kapan judul ditransfer untuk barang berdasarkan titik FOB. Sebagai contoh, pada tahun dan periode akhir barang dalam perjalanan di bawah "FOB destination" (Amerika Utara penggunaan) muncul pada neraca penjual tapi tidak dalam neraca pembeli, karena risiko dan manfaat perubahan kepemilikan kepada pembeli di "tujuan" port.

Adalah jauh lebih mudah untuk menentukan transfer judul ketika dengan mengacu pada disepakati syarat dan ketentuan transaksi, biasanya, judul melewati dengan risiko kerugian. Pengalihan hak dapat terjadi pada waktu yang berbeda (atau peristiwa) daripada istilah pengiriman FOB. Pengalihan hak adalah unsur pendapatan yang menentukan siapa yang memiliki barang dan nilai yang berlaku.

Impor biaya ketika mereka mencapai perbatasan satu negara ke negara memasuki negara lain di bawah kondisi FOB Destination adalah karena di pelabuhan pabean negara tujuan.

Dengan munculnya e-commerce, transaksi elektronik yang paling komersial terjadi di bawah persyaratan "FOB shipping point" atau "FCA shipping point".

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/FOB_%28shipping%29

Apa Itu FOB (Free On Board)? Detail Tentang FOB
 

Join Us

Berlangganan artikel INILAH INFO terbaru via Email

Share To Your Friends

twitter iklan koranfacebook iklan korangoogle pluslinkedinrss feedemail

Statistik

Google+ Badge