Apa itu Endometriosis? Penjelasan Detail Endometriosis

Apa itu Endometriosis? Penjelasan Detail Endometriosis - penyakit misterius zaman modern!, Endometriosis adalah salah satu penyakit yang paling jauh jangkauannya, merusak dan disalahpahami di dunia saat ini. Diperkirakan ada lebih dari 80 juta perempuan dan anak perempuan yang memiliki Endometriosis seluruh dunia. Jumlah ini terus bertambah setiap saat. Hal ini lebih umum daripada kanker payudara atau AIDS, dan penyakit lainnya, yang sudah dikenal. Meskipun sejumlah besar wanita yang menderita penyakit ini, beberapa orang telah benar-benar mendengar hal itu, tapi ini secara bertahap berubah, meskipun sangat lambat.

Apa itu Endometriosis?

Apa itu Endometriosis
Endometriosis (akhir diucapkan - oh - mee - pohon - oh - sis) adalah nama yang diberikan untuk kondisi dimana sel-sel seperti yang ada di lapisan rahim (uterus) ditemukan di tempat lain dalam tubuh.

Setiap bulan tubuh Anda mengalami perubahan hormon. Anda secara alami melepaskan hormon yang menyebabkan lapisan rahim untuk meningkatkan dalam persiapan untuk telur dibuahi. Jika kehamilan tidak terjadi, lapisan ini akan merusak dan berdarah. Darah kemudian dilepaskan dari tubuh Anda sebagai suatu periode.

Sel endometriosis bereaksi dengan cara yang sama - kecuali bahwa mereka berada di luar rahim Anda. Selama siklus bulanan Anda hormon merangsang endometriosis, menyebabkan ia tumbuh, kemudian rusak dan berdarah. Ini pendarahan internal, tidak seperti periode, tidak memiliki cara untuk meninggalkan tubuh. Hal ini menyebabkan peradangan, nyeri, dan pembentukan jaringan parut (adhesi). Jaringan endometrium juga dapat ditemukan di ovarium, di mana ia dapat membentuk kista, yang disebut 'kista coklat' karena penampilan mereka.

Endometriosis bukanlah suatu infeksi.
Endometriosis tidak menular.
Endometriosis bukan kanker.

Endometriosis ini paling sering ditemukan di dalam panggul, sekitar ovarium, saluran tuba, di luar rahim atau ligamen (yang memegang rahim di tempat), atau daerah antara rektum dan rahim Anda, yang disebut Kantung Douglas . Hal ini juga ditemukan pada usus, kandung kemih, usus, vagina dan rektum. Anda juga dapat memiliki jaringan endometrium yang tumbuh di lapisan otot dinding rahim (adenomiosis). Hal ini dapat tumbuh di bekas luka yang ada dari operasi sebelumnya. Dalam kasus yang jarang ditemukan di bagian lain dari tubuh seperti kulit, mata, tulang belakang, paru-paru dan otak.

Endometriosis mempengaruhi sekitar 2 juta wanita di Inggris. Ini bisa menjadi kondisi kronis dan melemahkan. Endometriosis dapat berdampak pada kehidupan seorang wanita dalam sejumlah cara yang meliputi:

Sakit kronis
Kelelahan / kekurangan energi
Depresi / isolasi
Masalah dengan kehidupan seks pasangan / hubungan
Ketidakmampuan untuk hamil
Kesulitan dalam memenuhi komitmen pekerjaan dan sosial.

Namun, dengan bantuan yang tepat, Anda dapat mengatasi banyak masalah ini.

Penyakit ini menjadi lebih dan lebih umum. Hal ini bisa disebabkan berbagai alasan:

Metode untuk mendeteksi dan mendiagnosa penyakit ini meningkatkan sepanjang waktu, sehingga statistik mencerminkan ini sebagai meningkatnya jumlah kasus yang terdeteksi.

Keseriusan penyakit ini secara bertahap mendapat momentum dan banyak orang yang akhirnya mulai mendengar tentang hal itu. Ini mungkin melalui program televisi, artikel majalah, internet, atau berbicara dengan teman-teman.

Jadi ada kesadaran masyarakat yang semakin meningkat. Kesadaran publik membantu untuk mengingatkan wanita yang memiliki kekhawatiran tentang kesehatan mereka, terutama mengenai nyeri pelvis dan menstruasi, wanita jadi lebih dapat menentukan apakah mereka memiliki Endometriosis.

Lebih banyak perempuan yang mengambil nyeri panggul dan nyeri periode serius, daripada berpikir hal yang biasa, sehingga mereka mengejar jawaban dari profesi medis.

Akhirnya, jumlah perempuan yang memiliki penyakit tampaknya meningkat dalam kenyataannya, terutama dalam 30 tahun terakhir ini. Hal ini juga lebih umum di negara industri, di mana polusi yang lebih tinggi.

Pada dasarnya, Endometriosis adalah kerusakan biologis yang berfokus pada organ reproduksi dan daerah pinggul tubuh seorang wanita. Penyakit ini akan mulai tenang, diam-diam dan tanpa disadari. Kemudian secara bertahap, gejala periode yang menyakitkan, rasa sakit pada waktu lain bulan, dan perasaan umum yang kumuh, akan mulai berkembang.

Pada wanita dengan endometriosis, yang tubuh alami proses dari sistem reproduksi berjalan serius salah. Penyakit ini terkait dan dipengaruhi oleh siklus menstruasi dan hormon yang membuat menstruasi terjadi.

Secara fisik, apa yang terjadi adalah partikel kecil, dan terkadang mikroskopis yang mirip dengan lapisan rahim, menemukan jalan mereka ke dalam rongga panggul. Partikel-partikel ini berperilaku dalam cara yang sama seperti lapisan rahim. Lapisan rahim disebut endometrium, yang mana penyakit ini mendapatkan namanya.

Proses alami endometrium adalah untuk bereaksi dengan hormon yang diproduksi dalam tubuh dan setiap bulan endometrium menumpuk dengan sel darah dan bahan kimia lainnya untuk mempersiapkan kehamilan. Bila kehamilan tidak terjadi maka endometrium menumpahkan darah ini dan wanita memiliki periode.

Reaksi serupa terjadi pada sel-sel liar yang telah menemukan cara mereka ke dalam rongga panggul. Setiap bulan mereka bereaksi terhadap hormon, dan memecah dan berdarah, tetapi darah dan jaringan tertumpah dari pertumbuhan endometrium tidak memiliki cara untuk meninggalkan tubuh. Hal ini menyebabkan pendarahan dalam, rincian dari darah dan jaringan dari situs ini dan menyebabkan peradangan.

Proses ini berlanjut selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun sebelum gejala sakit serius mulai berkembang. Banyak wanita mulai mencurigai ada sesuatu yang salah karena jumlah rasa sakit yang mereka rasakan dengan periode mereka mulai mendapatkan lebih buruk dan lebih buruk sebagai bulan berlalu. Hal ini kemudian yang perempuan mulai menyelidiki dan mempertanyakan keadaan kesehatan mereka.

Bagi wanita lain penyakit mungkin tidak muntah gejala nyata, tetapi mereka mungkin akan mengalami masalah dengan kesuburan mereka dan tidak berhasil dalam hamil. Hal ini kemudian yang mereka dapatkan bantuan medis yang dapat menyebabkan memiliki laparoscopy. Hal ini selama prosedur ini bahwa penyakit ini dapat ditemukan.

Seiring dengan berjalannya waktu, penyakit ini akan maju dan mulai melakukan lebih banyak kerusakan dalam rongga panggul. Akhirnya dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut, adhesi, masalah usus, serta penurunan bertahap kesehatan umum.

Endometriosis biasanya tidak fatal (meskipun ada dapat kesempatan langka di mana gejala-gejala dapat menimbulkan ancaman serius terhadap kehidupan - silakan baca cerita Endometriosis sini untuk mengetahui lebih lanjut) dan tidak kanker. Ini bukan penyakit yang Anda menangkap dari orang lain, juga bukan organisme mikro yang dimulai penyakit ini seperti proses penyakit menular lainnya.

Pada dasarnya tampak bahwa tubuh, dan proses penyembuhan alaminya rusak. Hal ini dapat menyerang wanita pada setiap saat kehidupan reproduksi mereka, tetapi kita melihat kasus semakin banyak gadis-gadis muda yang memiliki Endometriosis.

Penelitian terbaru mulai menunjukkan bahwa wanita dengan penyakit ini berada pada risiko yang lebih besar masalah kesehatan lainnya, namun ini bisa menjadi indikator bahwa wanita dengan penyakit ini benar-benar menderita break-down dalam sistem kekebalan tubuh. Situasi ini tampaknya 'cincin benar' karena banyak wanita yang memiliki Endometriosis tampaknya menderita dari berbagai masalah kesehatan lainnya.

Endometriosis adalah serius. Hal ini mempengaruhi jutaan wanita di seluruh dunia. Hal ini tidak hanya mengganggu kehidupan perempuan, dapat menghancurkan bagi kebanyakan wanita. Ini mempengaruhi kesehatannya, kualitas hidupnya, kemungkinan dia memiliki anak, penghasilan potensinya produktif, emosional kesejahteraan, nya hubungan, kehidupan seks, ekonomi jika ia tinggal di sebuah negara di mana dia harus membayar untuk perawatan, kehidupan sosialnya; pada dasarnya itu mempengaruhi seluruh hidupnya.

Ini adalah fakta keras yang mengelilingi Endometriosis hari ini. Banyak perempuan menderita selama bertahun-tahun. Mereka mungkin memiliki satu prosedur bedah demi satu. Mereka mungkin menghabiskan ribuan dolar untuk pengobatan, terutama jika asuransi kesehatan mereka tidak menutupinya. Mereka mungkin perjalanan mil dalam mengejar perawatan medis simpatik dan informasi. Daftar ini berjalan dan terus.

Tapi ada beberapa secercah harapan mulai muncul. Banyak wanita saat ini mulai menjaga kesehatan mereka sendiri dalam hal berurusan dengan Endometriosis. Mereka mulai menyadari bahwa semua tidak dipotong jelas dengan tujuan dan prioritas tentang perawatan kesehatan di dunia modern.

Harapan dan keberanian bagi banyak perempuan yang diperoleh melalui pengumpulan dan berbagi informasi, terutama dari wanita lain yang memiliki penyakit. Banyak swadaya ukuran sedang dipertukarkan antara sesama penderita, dan di mana langkah-langkah ini terbukti berhasil, ini menanamkan nilai dan bukti bahwa metode ini akan membantu.

Bagaimana Anda tahu bahwa Anda memiliki endometriosis?

Saat ini, penyedia layanan kesehatan menggunakan sejumlah tes untuk endometriosis. Kadang-kadang, mereka akan menggunakan tes pencitraan untuk menghasilkan sebuah "gambar" dari bagian dalam tubuh, yang memungkinkan mereka untuk menemukan daerah endometriosis lebih besar, seperti nodul atau kista. Dua tes imaging yang paling umum adalah USG, sebuah mesin yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar, dan pencitraan resonansi magnetik (MRI), sebuah mesin yang menggunakan magnet dan gelombang radio untuk membuat gambar.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti bahwa Anda memiliki kondisi tersebut adalah dengan menjalani operasi. Jenis yang paling umum dari operasi ini disebut laparoskopi. Dalam prosedur ini, dokter bedah mengembang perut sedikit dengan gas tidak berbahaya. Setelah membuat luka kecil di perut, ahli bedah menggunakan instrumen kecil melihat dengan cahaya, yang disebut laparoskop, untuk melihat organ reproduksi, usus, dan permukaan lain untuk melihat apakah ada endometriosis apapun. Ia dapat membuat diagnosis berdasarkan penampilan karakteristik endometriosis. Diagnosis ini kemudian dapat dikonfirmasi dengan melakukan biopsi, yang melibatkan mengambil sampel jaringan kecil dan belajar di bawah mikroskop.

Dokter hanya akan melakukan laparoskopi setelah belajar sejarah penuh medis Anda dan memberikan Anda pemeriksaan fisik dan panggul lengkap. Informasi ini, selain hasil USG atau MRI, akan membantu Anda dan dokter Anda membuat keputusan yang lebih tepat tentang pengobatan.

Tentang rahim dan endometrium

Rahim adalah organ berongga, tentang ukuran dan bentuk buah pir menengah. Rahim adalah tempat janin tumbuh dan berkembang ketika seorang wanita hamil. Rahim memiliki 2 bagian utama (lihat gambar di atas). Ujung bawah rahim meluas ke dalam vagina dan disebut serviks. Bagian atas dari uterus disebut tubuh dan juga dikenal sebagai korpus. (Corpus adalah kata Latin untuk tubuh.)

Tubuh rahim memiliki 2 lapisan. Lapisan dalam atau lapisan yang disebut endometrium. Lapisan luar dari otot dikenal sebagai miometrium. Ini lapisan tebal otot diperlukan untuk mendorong bayi keluar selama kelahiran. Lapisan jaringan di luar rahim adalah serosa tersebut.

Perubahan hormon selama siklus menstruasi wanita menyebabkan endometrium untuk berubah. Pada bagian awal dari siklus, sebelum indung telur melepaskan telur (ovulasi), ovarium memproduksi estrogen. Hormon yang disebut estrogen menyebabkan endometrium menebal sehingga dapat memelihara embrio jika kehamilan terjadi. Jika ada kehamilan, estrogen diproduksi dalam jumlah yang lebih rendah dan lebih banyak hormon yang disebut progesteron dibuat setelah ovulasi. Hal ini menyebabkan lapisan terdalam lapisan untuk mempersiapkan untuk diteteskan. Pada akhir siklus, lapisan endometrium ditumpahkan dari rahim dan menjadi aliran menstruasi (periode). Siklus ini berulang sepanjang hidup wanita sampai menopause (perubahan kehidupan).
Kanker rahim dan endometrium

Hampir semua kanker rahim mulai pada endometrium dan disebut karsinoma endometrium. Kanker juga dapat mulai di lapisan otot atau jaringan ikat penunjang rahim. Kanker ini termasuk dalam kelompok kanker disebut sarkoma.

Karsinoma

Kanker endometrium mulai di sel yang melapisi rahim dan termasuk dalam kelompok kanker yang disebut karsinoma. Kebanyakan karsinoma endometrium adalah kanker dari sel-sel yang membentuk kelenjar di endometrium. Ini disebut adenocarcinoma. Jenis yang paling umum kanker endometrium disebut adenokarsinoma endometrioid. Jenis kurang umum lain dari karsinoma endometrium termasuk sel skuamosa dan dibeda-bedakan.

Lebih dari 80% kanker endometrium adalah adenocarcinoma khas - juga dikenal sebagai endometrioid. Endometrioid kanker terdiri dari sel-sel dalam kelenjar yang terlalu mirip lapisan rahim normal (endometrium). Beberapa kanker sel skuamosa mengandung (sel skuamosa yang datar, sel tipis yang dapat ditemukan pada permukaan luar dari serviks), serta sel-sel kelenjar. Sebuah kanker dengan kedua jenis sel yang disebut adenocarcinoma dengan diferensiasi skuamosa. Jika, di bawah mikroskop, sel-sel kelenjar melihat kanker tetapi sel-sel skuamosa tidak, tumor dapat disebut sebuah adenoacanthoma. Jika kedua sel skuamosa dan sel-sel kelenjar tampak ganas (kanker), tumor ini dapat disebut karsinoma adenoskuamus. Ada jenis kanker lainnya endometrioid, seperti secretory carcinoma, karsinoma bersilia, dan adenokarsinoma mucinous.

Nilai dari kanker endometrioid didasarkan pada seberapa banyak kanker membentuk kelenjar yang terlihat mirip dengan kelenjar ditemukan di normal, endometrium sehat. Pada tingkat rendah kanker, lebih dari kelenjar jaringan bentuk kanker. Di kelas yang lebih tinggi kanker, lebih dari sel-sel kanker tersebut diatur dengan cara serampangan atau tidak teratur dan tidak membentuk kelenjar.

Kelas 1 tumor memiliki 95% atau lebih kelenjar pembentuk jaringan kanker.
Grade 2 tumor memiliki antara 50% dan 94% dari jaringan kanker membentuk kelenjar.
Kelas 3 tumor memiliki kurang dari setengah dari jaringan kanker membentuk kelenjar. Kelas 3 kanker disebut "bermutu tinggi." Mereka cenderung agresif dan memiliki pandangan yang lebih buruk dibandingkan kanker kelas rendah (kelas 1 dan 2).

Beberapa bentuk kurang umum adenokarsinoma endometrium yang jelas-sel karsinoma, karsinoma serosa (juga disebut karsinoma papiler serosa), dan karsinoma diferensiasi buruk. Kanker ini lebih agresif daripada kanker yang paling endometrium. Mereka cenderung tumbuh dengan cepat dan sering menyebar di luar rahim pada saat diagnosis.

Carcinosarcoma rahim (CS) adalah kanker yang dimulai di endometrium dan termasuk dalam dokumen ini. Ketika melihat di bawah mikroskop, kanker ini memiliki fitur dari kedua karsinoma endometrium dan sarkoma. Di masa lalu, CS dianggap sebagai jenis sarkoma uterus, tetapi banyak dokter sekarang percaya bahwa CS sebenarnya mungkin suatu bentuk karsinoma diferensiasi buruk.

Karsinoma endometrium dan uterus CS memiliki banyak kesamaan. Misalnya, mereka memiliki faktor risiko yang sama. Kanker ini juga mirip dalam cara mereka menyebar dan diperlakukan. CSS juga dikenal sebagai tumor ganas mesodermal campuran atau tumor ganas Mullerian campuran (MMMTs). Mereka membuat sekitar 4% dari kanker rahim.

Dokter kadang-kadang membagi karsinoma endometrium menjadi 2 jenis berdasarkan pandangan mereka dan penyebab yang mendasari. "Tipe 1" kanker yang diduga disebabkan oleh kelebihan estrogen. Mereka biasanya tidak terlalu agresif dan lambat untuk menyebar ke jaringan lain. Kelas 1 dan 2 kanker endometrioid adalah "tipe 1" kanker endometrium. Sejumlah kecil kanker endometrium adalah "tipe 2." Para ahli tidak yakin apa yang menyebabkan kanker tipe 2, tetapi mereka tampaknya tidak disebabkan oleh estrogen terlalu banyak. Karsinoma serosa, jelas-sel karsinoma, karsinoma diferensiasi buruk, dan kelas 3 karsinoma endometrioid semua 2 jenis kanker. Kanker-kanker ini tidak terlihat sama sekali endometrium normal seperti dan begitu juga disebut "diferensiasi buruk" atau "bermutu tinggi." Karena tipe 2 kanker lebih mungkin untuk tumbuh dan menyebar di luar rahim, mereka memiliki pandangan yang lebih buruk (dari tipe 1 kanker). Dokter cenderung mengobati kanker lebih agresif.

Uterine sarkoma

Kanker juga dapat memulai dalam jaringan ikat penyangga (stroma) dan sel otot rahim. Kanker ini disebut sarkoma uterus. Mereka jauh lebih umum daripada karsinoma endometrium. Ini termasuk:

Sarkoma stroma, yang mulai di jaringan ikat penyangga endometrium
Leiomyosarcomas, yang dimulai di dinding miometrium atau otot rahim

Kanker ini tidak dibahas dalam dokumen ini karena pengobatan dan prognosis (pandangan) yang berbeda dari kanker yang paling umum dari endometrium. Kanker ini dibahas dalam, Sarkoma dokumen rahim kita.

Kanker Serviks

Kanker yang berasal dari leher rahim dan kemudian menyebar ke tubuh rahim berbeda dari kanker yang dimulai dalam tubuh rahim; yang pertama dijelaskan dalam, Kanker Serviks dokumen kita. Apa itu Endometriosis?

Sumber : 
http://www.cancer.org/Cancer/EndometrialCancer/DetailedGuide/endometrial-uterine-cancer-what-is-endometrial-cancer
http://www.endometriosis-uk.org/information/whatisit.html
http://www.endo-resolved.com/endometriosis.html
 

Join Us

Berlangganan artikel INILAH INFO terbaru via Email

Share To Your Friends

twitter iklan koranfacebook iklan korangoogle pluslinkedinrss feedemail

Statistik

Google+ Badge