Apa itu ERP? (Enterprise Resource Planning)

Apa itu ERP? (Enterprise Resource Planning) - Ada sistem yang berbeda dalam sebuah perusahaan besar yang "back office", termasuk perencanaan, manufaktur, distribusi, pengiriman, dan akuntansi. Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah sistem yang mengintegrasikan semua fungsi ini ke dalam sistem tunggal, yang dirancang untuk melayani kebutuhan masing-masing departemen yang berbeda dalam perusahaan. ERP adalah lebih merupakan metodologi dari software, meskipun tidak menggabungkan beberapa aplikasi perangkat lunak, membawa bersama di bawah antarmuka tunggal dan terpadu.

Apa itu ERP? (Enterprise Resource Planning)

Apa itu ERP Enterprise Resource Planning

Sistem ERP mencakup beberapa departemen dalam perusahaan, dan dalam beberapa kasus sebuah ERP juga akan melampaui batas perusahaan untuk memasukkan sistem mitra dan pemasok juga, untuk membawa fungsi tambahan seperti manajemen rantai pasokan. Karena begitu luas dan mencakup segala, sistem ERP jauh melampaui yang hanya sepotong sederhana dari perangkat lunak. Setiap pelaksanaan adalah unik dan dirancang untuk sesuai dengan berbagai proses pelaksana bisnis. Sebuah implementasi ERP dapat biaya jutaan dolar untuk membuat, dan mungkin membutuhkan beberapa tahun untuk menyelesaikannya.

Sistem ERP mungkin merupakan terbesar perusahaan investasi TI, sehingga beberapa perusahaan lebih memilih untuk menerapkan ERP dengan cara yang lebih bertahap bukan sekaligus. Beberapa vendor ERP menyediakan unit perangkat lunak modular bersama-sama dengan antarmuka yang seragam untuk memungkinkan pendekatan bertahap.

Terlepas dari bagaimana perusahaan mendekati itu, ERP pasti akan membawa perubahan signifikan terhadap bagaimana perusahaan melakukan bisnis. Ini atik dengan alur kerja, dan lama mengubah proses. Perusahaan sering bertemu dengan resistensi dari pihak karyawan yang enggan melepaskan metode terbukti mereka. Karyawan juga mungkin takut untuk pekerjaan mereka, karena ERP membuat perubahan radikal tersebut untuk proses bisnis, bukan hal yang aneh untuk deskripsi pekerjaan untuk mengubah atau dihilangkan sama sekali.

Ketika diimplementasikan bagaimanapun, sistem ERP membawa keuntungan yang luar biasa. Karena semua sistem yang bergabung bersama-sama, semua departemen dapat lebih mudah berbagi informasi. Alur kerja yang terjadi antara departemen bisa menjadi jauh lebih otomatis, dan akhirnya, pelanggan dilayani lebih baik karena individu menggunakan aplikasi menghadapi pelanggan akan memiliki akses ke semua informasi tentang setiap proses yang relevan. Misalnya, seseorang dalam penjualan dengan mudah akan dapat login ke dalam sistem tunggal untuk menentukan status pesanan pelanggan yang masih dalam manufaktur. Semua ini datang dengan biaya meskipun; biaya pelatihan yang tinggi karena karyawan harus tidak hanya belajar bagaimana menggunakan perangkat lunak baru, mereka juga harus belajar proses baru.

Ada banyak alasan perusahaan melakukan implementasi ERP. Sistem ERP mengintegrasikan informasi, seperti informasi pesanan dan data keuangan. Hal ini dapat mempercepat proses manufaktur dengan mengotomatisasi proses dan alur kerja, dan sebagai hasilnya, juga mengurangi kebutuhan untuk membawa persediaan besar. Meskipun biaya di muka mungkin cukup untuk memberikan mimpi buruk CFO, pada akhirnya, jika diterapkan dengan benar, hasilnya akan memberikan perusahaan menerapkan sistem keunggulan kompetitif utama. Apa itu ERP? (Enterprise Resource Planning)

Sumber : http://www.wisegeek.com/what-is-enterprise-resource-planning.htm
 

Join Us

Berlangganan artikel INILAH INFO terbaru via Email

Share To Your Friends

twitter iklan koranfacebook iklan korangoogle pluslinkedinrss feedemail

Statistik

Google+ Badge